Tim Peneliti

Koordinator: Mely Noviryani

Anggota peneliti: Dian Mutmainah; Dian Tamitiadini; Anton Novenanto

Koordinator lapangan: Nurul Lailiy (Sumenep); Andhika Krisnaloka (Batu)

Asisten peneliti: Syaiful Anam; Ali Bisri El Muniri; Wisnu Pudji Pawestri

Keuangan: Rony Joyo Negoro Octavianus


Mitra:

Wahid Foundation

DESA DAMAI BERBASIS PENDEKATAN KEAMANAN MANUSIA UNTUK PROMOSI PERDAMAIAN DAN KESETARAAN GENDER

Abstrak

Desa Damai adalah suatu cita-cita ideal tentang kesatuan wilayah dan pemerintahan yang memiliki struktur dan perlengkapan untuk mencegah terjadinya konflik, berkembangnya sikap toleransi, ekstremisme berbasis kekerasan dan radikalisme. Inisiatif pembentukan Desa/Kelurahan Damai oleh Wahid Foundation (WF) ditujukan membangun masyarakat yang dapat hidup berdampingan dengan mempraktekkan prinsip-prinsip kemanusiaan, kesetaraan dan keadilan, baik dari sisi ekonomi, sosial, politik, demokrasi dan transparansi.

Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan data mendalam yang diperlukan untuk memperkuat intervensi dan advokasi Desa Damai sebagai bagian mekanisme komunitas responsif gender dalam mempromosikan komunitas damai dan adil gender, serta sebagai bagian dalam pencegahan konflik sosial, intoleransi, radikalisme maupun ekstremisme kekerasan terutama pada perempuan. 

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan keamanan manusia (Human Security Approach atau HSA). Pengumpulan data dilakukan melalui kombinasi antara studi pustaka/dokumen, Diskusi Kelompok Terpumpun, wawancara mendalam dan pengamatan non-terlibat.


%d bloggers like this: