RESEARCH AND PUBLICATIONS


  • Kita Belum Pernah Normal
    Krisis yang tengah kita alami saat ini tidak disebabkan oleh virus SARS-CoV-2, tapi akibat rentannya sistem, jaminan dan infrastruktur kesehatan masyarakat di republik ini.
  • Infodemi & Habitus Informasi
    Infodemi bukanlah soal ketiadaan informasi, namun "terlalu banyak" informasi spekulatif membanjiri kanal-kanal informasi.
  • Menjaga Jarak di Usia Senja
    Menjadi tua adalah bagian dari fase kehidupan manusia. Namun, menjalani masa tua di kala pandemi adalah sesuatu yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.
  • PKL di Kala Pandemi
    PKL menjadi sasaran kebijakan pemerintah yang represif karena dianggap merusak keindahan kota, dan kini ditambah dengan stigma "penyebab kerumunan".
  • Jimat dan Lelucon Covid-19
    Jimat bukanlah lelucon. Lelucon yang sebenarnya justru dimunculkan oleh pejabat dan tokoh masyarakat kita.
  • Menatap Layar di Rumah
    Tuntutan melakukan perubahan mendadak membuka mata kita terhadap beragam fakta tentang pembangunan yang timpang. Sesuatu yang mungkin baru disadari dampaknya saat kita beralih dari tatap muka ke tatap layar.
  • Kerja Tanpa Jaminan
    Tenaga kesehatan menjadi garda terdepan melawan pandemi. Berita tentang para pejuang di garda depan yang gugur karena Covid-19 membawa ketakutan.
  • Dari “Outlander” ke “Outlandish”
    Pandemi memperburuk kondisi kelompok yang sebelumnya sudah termarjinalkan, bahkan menyeret anak muda, yang sedang memperlihatkan kegagahan mereka sebagai perantau, menjadi kelompok rentan.
  • Etnografi Tambal-Sulam
    Kami menawarkannya sebagai sebuah sumberdaya bagi sebuah dunia yang berubah setelah pandemi. Etnografi tambal-sulam memperluas pemahaman tentang material, perangkat, objek yang dapat digunakan dalam analisis.

Write with us


We are opening a call for articles, essays, opinions, comments, book reviews, photo essays, etc. Your work must be original in addressing at least one of our focuses: politics, ecology and technology. A discussion of how all aspects are entangled is what we look for the most.

Send your draft to: info@eutenika.org

Menulis bersama kami


Kami memanggil Anda untuk mengirimkan artikel, esai, opini, komentar, telaah buku, esai foto, dll. Karya Anda harus orisinil dalam membahas salah satu fokus kami: politik, ekologi dan teknologi. Pembahasan tentang keterkaitan seluruh aspek tersebut adalah yang paling kami cari.

Kirimkan naskah Anda ke: info@eutenika.org

%d bloggers like this: