Menyikapi Pandemi dan Infodemi COVID-19

Literasi Ilmiah Seputar COVID-19


Dalam laman ini, kami berusaha menyajikan informasi ilmiah dalam bahasa populer tentang pandemi dan infodemi COVID-19. Bila Anda memiliki naskah ilmiah-populer tentang situasi pandemi dan infodemi COVID-19 tersebut, silakan hubungi: info@eutenika.org. Naskah yang masuk akan dipublikasikan setelah melalui proses telaah dari tim editor Perkumpulan Eutenika dan/atau mitra bestari yang mumpuni di bidangnya.


  • Kita Belum Pernah Normal
    Krisis yang tengah kita alami saat ini tidak disebabkan oleh virus SARS-CoV-2, tapi akibat rentannya sistem, jaminan dan infrastruktur kesehatan masyarakat di republik ini.
  • Infodemi & Habitus Informasi
    Infodemi bukanlah soal ketiadaan informasi, namun "terlalu banyak" informasi spekulatif membanjiri kanal-kanal informasi.
  • Menjaga Jarak di Usia Senja
    Menjadi tua adalah bagian dari fase kehidupan manusia. Namun, menjalani masa tua di kala pandemi adalah sesuatu yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.
  • PKL di Kala Pandemi
    PKL menjadi sasaran kebijakan pemerintah yang represif karena dianggap merusak keindahan kota, dan kini ditambah dengan stigma "penyebab kerumunan".
  • Jimat dan Lelucon Covid-19
    Jimat bukanlah lelucon. Lelucon yang sebenarnya justru dimunculkan oleh pejabat dan tokoh masyarakat kita.