Memori
October 26, 2021

Waktu & Tempat:


 

Movie Talk

Ketahanan Ekonomi

30 Tahun Su Lewat (2019) adalah sebuah film tentang Mama Karolina yang bercerita tentang pengalaman tinggal dalam area perkebunan kelapa sawit. Banyak janji perusahaan yang tak ditepati, seperti pengadaan air bersih dan listrik, bahkan SK pengangkatan pegawai baru dilakukan setelah kerja bertahun-tahun. Bagaimana pertahanan keluarga Mama Karolina saat perusahaan masih berkuasa dan setelah aktivitas perkebunan berhenti karena tanah tak lagi subur?

Truk Monce (2017) mengangkat kisah setelah perusahaan perkebunan berhenti beroperasi. Bapa Monce menjadikan truk pengangkut komoditas kelapa sawit sebagai pengangkut hasil kebun ke pasar Hamadi dan Yotefa. Film ini mengisahkan ketahanan hidup masyarakat dengan memanfaatkan “peninggalan” perusahaan. Film ini juga menunjukkan bahwa bukan kelapa sawit yang dibutuhkan masyarakat, tetapi pisang, pinang, kelapa tua, sayur pakis, dan tebu.

Bagaimana masyarakat Papua menjalani kehidupan dalam perkebunan Kelapa Sawit. Perkebunan telah mengubah kehidupan dan cara pandang masyarakat Papua. Masalahnya, sistem tersebut tidak kekal. Perusahaan bisa hengkang, meninggalkan masyarakat. Diskusi ini, selain membahas dan menanggapi film dalam kerangka ketahanan pangan dan ekonomi lokal. Bagaimana masyarakat Papua membangun kembali kehidupan dari sisa-sisa sumber daya? Perubahan apa saja yang terjadi dan bagaimana itu terhubung dengan konteks yang lebih luas?

Diskusi bersama:

  • Betty Gebze (Perkumpulan Lembaga Advokasi Peduli Perempuan – Merauke)
  • Asrida Elisabeth (Papuan Voices Jayapura)

 

%d bloggers like this: