People, Power, Paper
September 14, 2021
The Mushroom at the End of the World
September 21, 2021

Waktu & Tempat:


 

Klinik Riset

Mencari Infrastruktur Air “Mangkrak”


KLINIK RISET EUTENIKA ADALAH SEBUAH RUANG bagi para peneliti untuk membahas temuan-temuan menarik dari penelitian yang sedang dikerjakannya. Kita akan mendiskusikan temuan-temuan ini untuk menajamkan analisis dan memudahkan penulisan laporan.

KLINIK RISET EUTENIKA kali ini akan membahas riset Irsyad Martias tentang infrastruktur air di Lanskap Karst Gunungsewu, Gunungkidul, Yogyakarta yang sering dipersepsikan beragam pihak sebagai kawasan sulit air, terutama pada musim kemarau. Padahal, sejak lama, beragam aktor dari berbagai institusi berupaya mengoptimalkan program pembangunan infrastruktur air, untuk memperluas akses air kepada masyarakat, dengan memanfaatkan potensi sumber daya air Sungai Bawah Tanah. Infrastrukur yang paling monumental dan masif adalah jaringan pipa PDAM yang telah beroperasi sejak akhir Orde Baru.

Kajian Irysad menggunakan lensa antropologi infrastruktur dan science and technology studies untuk menganalisis bagaimana kehadiran jaringan pipa telah menginterupsi lanskap sosial Karst Gunungsewu. Mari simak dan membincangkan temuan-temuan menarik Irsyad Martias dalam KLINIK RISET EUTENIKA.

Hadir sebagai pembahas adalah D. Daniel, seorang pengajar di Universitas Gadjah Mada yang menyelesaikan studi doktoralnya di Delft University of Technology, Faculty of Civil Engineering and Geosciences, Department of Water Management; dan sebagai moderator adalah Eva Wishanti, pengajar di program studi Hubungan Internasional, Universitas Brawijaya yang sedang menempuh pendidikan doktoralnya di University of Leeds, United Kingdom.

Diskusi bersama:

  • Irsyad Martias (mahasiswa doktor, National Chengchi University, Taipei)
  • D. Daniel (Universitas Gadjah Mada)

Moderator:

Eva Wishànti (Prodi S1 Hubungan Internasional, Universitas Brawijaya; mahasiswa doktor, University of Leeds, UK)

%d bloggers like this: