Virus, Vaksin dan Vaksinasi
June 2, 2021
[PENDAFTARAN DITUTUP] Kursus Daring Menulis Etnografi
June 5, 2021

Waktu & Tempat:


Klinik Riset Eutenika

Etnisitas, Kuasa Elite, dan Perubahan Politik di Maluku

KLINIK RISET EUTENIKA ADALAH SEBUAH RUANG bagi para peneliti untuk membahas temuan-temuan menarik dari penelitian yang sedang dikerjakannya. Kita akan mendiskusikan temuan-temuan itu untuk menajamkan analisis dan memudahkan penulisan laporan. Bulan ini KLINIK RISET EUTENIKA akan membahas riset Ardiman Kelihu tentang etnisitas, kuasa elite, dan perubahan politik di Maluku. Penelitian itu merupakan bagian dari program pasca sarjana di FISIPOL UGM yang sedang ditempuh Ardiman.

Ardiman telah melakukan penelitian selama tujuh bulan di lima belas desa di Maluku. Selama itu pula, dia mengamati secara khusus budaya di Seram dan Leihitu. Riset lapang dimulai dari Desa Tehoru, pesisir Selatan Pulau Seram, ke bagian Utara Pulau Seram, dan selesai di Desa Wakasihu, pesisir Leihitu Barat, Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah. Simak temuan-temuan menarik Ardiman pada KLINIK RISET EUTENIKA.

Hadir sebagai pembahas adalah Leolita Masnun, peneliti LIPI yang sedang melakukan riset doktoral tentang Maluku di Department Social and Cultural Anthropology, Vrije Universiteit Amsterdam; dan sebagai moderator Hatib Abdul Kadir (pendiri dan peneliti EUTENIKA)


 

%d bloggers like this: