Klarifikasi EUTENIKA terkait Pemberitaan Radar Bangsa
November 25, 2020
Webinar “Keamanan Insani bagi Kelompok Perempuan di Pedesaan”
December 15, 2020

Waktu & Tempat:

Sabtu, 12 Desember 2020, 10.00-12.00 WIB via Zoom meeting .


Salon Eutenika Seri #6

SOAL WAKTU: ANTARA FISIKA, TEKNOLOGI & EKONOMI-POLITIK


Waktu sering menjadi bahan pemikiran para pujangga (misalnya “derap waktu yang tak terhenti” atau “pada akhirnya waktu akan menyembuhkan segala luka”) dan para pengusaha, manajer, atau motivator (“waktu adalah uang” dan bagaimana mengatur waktu untuk karier dan keluarga). Akan tetapi, waktu juga menjadi salah satu konsentrasi para filsuf dan juga fisikawan. Yang terakhir ini berkutat bukan hanya pada persoalan pencatatan waktu namun juga pada usaha untuk memahami hakikat waktu itu sendiri.

Pada diskusi kali ini, kita akan mendiskusikan tafsir fisika modern mengenai hakikat waktu dan bagaimana pengetahuan ini merambat ke dalam teknologi modern dan pada akhirnya ke dalam kehidupan sehari-hari kita. Kita akan mendiskusikan waktu dalam kerangka teori relativitas umum dan penerapannya dalam pengukuran posisi secara akurat sehingga telepon genggam kita dapat menemukan rute paling bebas macet dari rumah menuju kantor.

Kita juga akan meninjau pencatatan waktu dari masa ke masa dan melihat bagaimana pencatatan waktu dibentuk bukan hanya oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tetapi sesungguhnya oleh kekuatan ekonomi-politik. Bagaimana pula pengukuran waktu juga menjadi salah satu medan pertempuran politik emansipatoris? Bagaimana dari pergulatan ini dapat hadir suatu sistem pencatatan waktu yang mencerminkan ide-ide dan cita-cita yang diusung oleh gerakan politik tersebut..

Narasumber

Tri L. Astraatmadja

Tri L. Astraatmadja adalah seorang astronom, bekerja di Space Telescope Science Institute (STScI) di Baltimore, Amerika Serikat. Berpengalaman meneliti supernova, eksoplanet, dan struktur Galaksi Bima Sakti.



%d bloggers like this: